
Buku ini membahas tentang konsep perkembangan peserta didik beserta prinsip-prinsip di dalamnya yang membentuk dan memengaruhi pengembangannya. Melalui buku ini, pembaca dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang perkembangan psikologi manusia yang berkaitan dengan pendidikan. Perkembangan meliputi perkembangan psikologi secara umum, fisik, kognitif, sosial, dan emosional yang memengaruhi proses dan capaian belajar individu. Sedangkan siklus perkembangan peserta didik dijabarkan secara runtut untuk menggambarkan fase-fase perkembangan. Guru yang profesional dituntut untuk mampu mengembangkan beberapa metode dan pendekatan pembelajaran yang terampil dan kompeten. Terakhir, buku ini juga menyediakan informasi terkait implementasi prinsip-prinsip perkembangan peserta didik dalam pembelajaran sehingga relevan untuk calon guru, baik SD, SMP, serta SMA.
Setiap manusia pasti melewati periode perkembangan dimulai dari prenatal, balita, anak-anak, remaja, dan dewasa. Pada setiap periode tersebut terdapat karakteristik yang berbeda. Pendidikan anak sekolah dasar berbeda dalam karakteristik dan perlakuan yang diberikan dengan sekolah menengah. Pemahaman karakteristik siswa termasuk kompetensi penting bagi guru. Pengetahuan lengkap tentang profil siswa mulai dari aspek kognitif, sosial, emosi, nilai, sampai bahasa menjadi dasar dalam menjalin hubungan oleh guru. Kedekatan guru dengan siswa dapat dicapai bila perlakuan yang diberikan guru didasari pemahaman yang benar tentang anak.
Kedekatan yang baik tentu berdampak besar pada jalannya proses pendidikan. Pada akhirnya adalah ketercapaian tujuan belajar dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengetahui dampak pemahaman perkembangan peserta didik terhadap hasil belajar. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman guru terkait perkembangan kognitif siswa terhadap hasil belajar siswa. Ketika seorang guru mempunyai pemahaman yang baik terkait karakteristik peserta didiknya maka guru tersebut mampu menyusun strategi yang tepat untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki peserta didik.
Judul: Perkembangan Peserta Didik
Penulis: Mashud Syahroni, M.Pd.
Prof. Dr. A. Sri Haryati, M.Pd.
Desi Nurhikmahyanti, M.Pd.
Dhanang Suwidagdho, S.Pd., M.Pd.
Ipung Hananto, M.Pd.
Rini Setiawati, M.Pd.
Ferisa Prasetyaning Utami, S.Pd., M.Pd.
Weni Anggraini, M.Pd.
Hani’ Rosyidah, M.Pd.
Deskripsi Fisik: x, 218 hlm., 15.5×23 cm.
ISBN: 978-623-8464-31-9 [Pranala Perpusnas]
Ebook: belum tersedia